Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA INSTAL VDI (UAMBNBK) DAN VDI USBN DALAM 1 VIRTUAL

Salam SUKSES buat Operator UNBK . UAMBNBK DAN USBN BK

Kali ini kita akan membahas cara instalasi vdi usbn dengan vdi uambnbk.....

Kasus ini terjadi jika dalam satu virtualbok akan diseting 2 atau lebih VM+VHD /VDI. VHD-1 dan VHD-2 harus berada di folder yang berbeda begitu juda VDI-1 dan VDI-2 untuk memudahkan set UUID, seperti Server ini :



Gambar 0. Sekema Pembuatan VM
VDI UAMBNBK MTS DAN VDI MA, VDI MTS 


Saat kita akan membuat VM ( Virtual Machine ) yang bersumber dari 1 buah VDI, akan muncul error yang memberitahukan bahwa UUID sudah ada.

Gambar 1. Error UUID already exist

Dalam Kasus ini saya mencoba membuat 2 buah VM dari VDI USBN, dimana VDI 1 saya buat untuk MA dan VDI yang ke 2 saya gunakan untuk MTs. Ada 2 cara untuk mengatasi UUID already exist.
1. Menghapus VM
Dengan menghapus VM maka tidak akan terjadi lagi bentrok UUID dari VDI 1 dengan 2, agar VDI lama bisa digunakan lagi maka pada saat mengapus pilih “Remove Only” sehingga kita hanya menghapus VM tanpa menghapus VHDnya.



2. Merubah UUID
Cara ini kita tidak akan mengapus VM tetapi hanya merubah UUID yang ada pada VHD, jadi kedua VM bisa digunakan. Berikut cara merubah UUID.
a. Masuk ke CMD dengan jalankan sebagai Administrator`

Gambar 3. Run CMD as Administrator
b. Ketikkan [cd C:\Program Files\Oracle\VirtualBox\] atau bisa juga di buka dari explore kemudian di copy paste.

Gambar 4. Chage Direktori VirtualBox


c. Ketikkan VBOXMANAGE.EXE internalcommands sethduuid "pathtovhdfile" isikan alamat VHD di dalam tanda petik, pada kasus ini VHD saya ada di “E:\CBT_UN2017_Server1.VHD” perlu diperhatikan sethuuid ditujukan untuk mendaftarkan serial VHD/VDI baru bukan yang sudah digunakan pada VM yang sudah ada.

Semoga bermanfaat

Post a Comment for "CARA INSTAL VDI (UAMBNBK) DAN VDI USBN DALAM 1 VIRTUAL"